5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Ingin Ganti RAM, Membuat Performa Laptop Semakin Cepat !

RAM

Teknologi – Masalah yang sangat menyebalkan yang ada di laptop adalah ketika performanya menjadi lemot atau lambat. Ini bisa terjadi ketika membuka software atau ketika sedang mengerjakan sesuatu. Ada banyak masalah yang menyebabkan hal ini.Mulai dari virus, VGA yang tidak memadai, software yang terlalu berat hingga permasalahan-permasalahan yang lain. Namun terdapat beberapa hal yang paling umum menjadi penyebab dari menurunnya performa laptop yaitu masalah memori random access memory (RAM). Masalah pada RAM ini seringnya karena jumlahnya yang terlalu kecil. Ketika RAM suatu laptop kecil, itu membuat kamu hanya bisa membuka beberapa aplikasi saja secara bersamaan, membuatmu tidak multi-tasking dan membuat performa menurun. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan upgrade RAM, yaitu :

1. Pastikan ada slot untuk menambahkan RAM

Sebelum kamu membeli RAM fisik, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu slot RAM-nya. Caranya adalah dengan membuka bagian bawah laptop. Seringnya akan ada satu slot kosong RAM yang bisa digunakan untuk menambah RAM.Akan tetapi, tidak jarang juga slotnya hanya satu dan telah diisi RAM. Jika sudah mengalami masalah seperti ini tentunya adalah pilihannya mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar bukan malah menambahkannya.

2. Pastikan slot RAM tidak disolder permanen

Hal yang sangat burujk dari kamu dapatkan dengan masalah pada laptop kalian yaitu laptop hanya memiliki satu slot RAM saja dan di solder pada bagiannya. Alasan dari di soldernya ini karena perusahaan laptop tidak ingin kalian melakukan pergantian RAM dan merupakan salah satu strategi marketingnya. Jadi cara satu-satunya yang dapat kalian lakukan adalah mengganti laptop kalian dengan yang baru.

3. Cek kompatibilitas laptop

Kalian harus memperhatikan pembelian sparepart laptop kalian yang akan di ganti karena belum tentu part tersebut cocok dengan laptop yang kalian miliki. Tentukan spare part yang cocok dengan laptop kalian sebelum melakukan pembelian sparepart pengganti.

4. Tentukan ukuran dan jenis RAM yang mau kamu upgrade

RAM sendiri memiliki beberapa jenis dan jangan sampai kalian salah membelinya dan jangan membeli RAM untuk PC karena berbeda dengan laptop. Kami memberikan saran jika kalian ingin melakukan penambahan RAM ukurannya sama hingga nanti RAM memiliki kapasitas dua kali lipat. Jika laptop yang kalian miliki sekarang RAM nya adalah 4GB maka tambahannya yaitu dengan menggunakan RAM 4GB dan lebih baik jika merek dan transfer rate nya pun sama.

5. Jika tidak ingin menambah RAM fisik, kamu bisa menambah via virtual

Hal ini merupakan cara alternatif jika kalian ingin menambah RAM namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli RAM baru. Namun terdapat hal yang harus di korbankan jika kalian ingin melakukan ini yaitu kapasitas harddisk. Kurang lebih seperti inilah caranya.

  1. Menuju ke layar My Computer-mu. Paling mudahnya adalah layar yang menunjukkan partisi C.
  2. Di sana, klik kanan dan pilih properties. Lalu pilih advanced system setting.
  3. Masuk ke opsi setting yang ada tabel performance. Kamu akan dibawa ke layar performance options. Pilih advanced.
  4. Terdapat tabel virtual memory. Klik opsi change, dan hilangkan centang pada tulisan automatically managing paging size for all drives.
  5. Pilih partisi yang akan digunakan untuk virtual memory dan tentukan sendiri jumlah yang ingin digunakan. Contoh: 4000 MB untuk Initial size dan 8000 MB untuk Maximum size.
  6. Klik OK dan restart laptopmu.

Itulah cara menambah RAM laptop yang bisa kamu lakukan. Cara termudah memang membeli tambahan RAM dan memasangkannya. Jadi, harap bersabar saja jika kamu belum punya dana dan laptopmu mulai melemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *