Sistem Komunikasi Laser NASA

Teknologi – Misi Psyche yang diluncurkan NASA pada 13 Oktober 2023 lalu punya tujuan utama untuk meneliti asal inti planet dan mempelajarai asteroid 16 Psyche. Namun pesawat angkasa itu punya tujuan lain, yaitu menjajal teknologi komunikasi berbasis laser. Pada uji coba teknologi bernama Deep Space Optical Communication (DSOC) tersebut, NASA bertujuan menguji sambungan data berbasis laser yang jaraknya lebih jauh dari jarak Bumi ke Bulan, dan mereka mengklaim eksperimennya punya pencapaian yang signifikan.

Setelah mengintegrasikan transmitter frekuensi radio yang ada di pesawat, NASA menyebut modul DSOC itu sukses mengirim data engineering dari pesawat ke Bumi, yang jaraknya 226 juta KM dan dengan kecepatan 25Mbps. Sampai tiga minggu lalu, engineer NASA hanya menjajal dan mengirimkan data diagnostik melalui DSOC FOR4D. Pengiriman data engineering dari pesawat ke Bumi, menurut Srinivasa, benar-benar pencapaian yang tinggi di proyek tersebut. Ini karena memperlihatkan komunikasi berbasis optik bisa dipakai secara efektif bersamaan dengan sistem komunikasi berbasis radio.

Sejauh ini Psyche memang hanya bergantung pada teknologi radio untuk mengirimkan data ke Bumi, dan DSOC FOR4D memperlihatkan pencapaian yang tinggi dalam hal kecepatan komunikasi. Pasalnya kecepatan yang didapat bisa 10 sampai 100 kali lebih kencang dibanding sistem radio yang dipakai saat ini. Namun kecepatannya ini memang tergantung dari jarak antara pengirim dan penerima.

Misalnya saja pada 11 Desember 2023, DSOC FOR4D bisa menghasilkan kecepatan pengiriman data 267Mbps, jauh lebih kencang karena jaraknya hanya 31 juta KM dari Bumi. Jauh lebih tinggi dibanding kecepatan 25Mbps saat jaraknya 226 juta KM dari Bumi. NASA sebenarnya memperkirakan kecepatan transfer di jarak tersebut hanya 1Mbps. Selain bergantung pada jarak, system DSOC ini juga punya kelemahan lain. Yaitu membutuhkan langit yang bersih juga kondisi cuaca yang mendukung agar komunikasinya berjalan lancar. Berbeda dengan sistem radio yang tak terlalu terpengaruh pada kondisi cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *