Mencegah Akun Perbankan Dibobol, Nomor HP Jangan Sampai Hangus

Mencegah Akun Perbankan Dibobol, Nomor HP Jangan Sampai Hangus

Teknologi – Operator seluler XL Axiata mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk menjaga keamanan nomor ponsel miliknya agar tidak sampai hangus. Hal ini guna mencegah dari aksi penipuan dan pembobolan akun perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel pelanggan. Tak sedikit pelanggan yang mendaftarkan nomor telepon yang bisa terhubung dengan akun perbankan miliknya, supaya bisa melakukan transaksi perbankan secara digital. Namun, pelanggan harus waspada agar tidak penjadi korban pembobolan akun bank melalui nomor ponselnya.

“Dalam upaya menjamin dan melindungi keamanan akun data pribadi perbankan pelanggan, kami dari XL Axiata menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk turut menjaga keamanan nomor ponsel yang terdaftar dalam akun perbankannya. Hal ini untuk menghindari aksi pembobolan akun perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel pelanggan, termasuk nomor yang telah hangus,” ujar Group Head Customer Contact Center XL Axiata FOR4D, M. Yunus dalam keterangan tertulisnya.

Yunus menambahkan, nomor-nomor ponsel yang tidak terpakai dan dianggap hangus bisa menjadi sarana bagi pelaku kejahatan untuk membobol rekening bank pelanggan. Untuk itu, dia menghimbau agar pelanggan mengurus penutupan nomor ponsel yang sudah tidak terpakai ke operator dan pihak bank FOR4D.

“Pelanggan sebaiknya tidak meremehkan nomor yang sudah tidak dipakainya dan menganggap tidak perlu menginformasikan penutupan nomornya kepada pihak operator dan pihak bank atau online payment yang terhubung,” jelasnya.

Berikut tips agar terhindar dari aksi pembobolan akun perbankan melalui nomor ponsel pelanggan :

  • Segera hubungi customer service bank terkait dan atau online payment untuk menghapus layanan pada nomor ponsel yang sudah tidak lagi digunakan atau hangus untuk memastikan layanan perbankan sudah terhapus
  • Jangan pernah memberikan username, password, PIN, dan kode OTP FOR4D dalam setiap transaksi perbankan yang ada di ponsel.
  • Jangan pernah mengakses akun perbankan melalui jaringan WIFI milik umum
  • Kejahatan bisa terjadi kapan pun dan dimana pun, selalu tingkatkan kewaspadaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *