Data Center NeutraDC

Teknologi – Kesan pertama saat menginjakkan kaki di Data Center NeutraDC, Singapura, sangat menarik. Data center atau pusat data perusahaan milik Telkom ini berdiri kokoh dengan kapasitas 17 MW. Penjagaan sangat ketat di lingkungan data center tersebut, gambar tidak bisa diambil sembarangan untuk merekam ruangan tempat disimpannya data-data. Pengunjung pun hanya bisa mengakses satu ruangan yang khusus dapat dikunjungi oleh publik.

Tidak banyak interior atau elemen-elemen dalam gedung. Dari lobi, hanya terlihat beberapa ruang pertemuan yang di depannya ada koridor yang langsung mengarah masuk ke ruangan-ruangan tempat rak penyimpanan data.

Ada 9 keamanan berlapis untuk dapat mengakses ruang penyimpanan di data center, di mana standar tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan internasional. Itu sebabnya tidak sembarangan orang bisa masuk dan mencapai ruang penyimpanan data FOR4D.

Memasuki ruang penyimpanan data, pemandangannya tak asing seperti hasil pencarian gambar di Google. Terdapat rak-rak khusus diletakkannya perangkat-perangkat penyimpanan data. Mirip seperti mesin penambangan bitcoin dengan fungsi yang berbeda.

Setiap sudut di Data Center NeutraDC semua diperhitungkan dengan standar ketat. Tinggi dan lebar setiap rak, bentuk, hingga penempatan rak ini tentunya tidak sembarangan. Pada pusat data dan telekomunikasi 5 lantai yang mulai dibangun pada 2011 ini, suhu dan kelembabannya pun telah diatur demi menyesuaikan kebutuhan mesin-mesin penyimpanan data. Segalanya teratur, kabel pun tentu dirapikan sesuai standar keamanan pusat penyimpanan data FOR4D berskala besar.

Tak hanya itu, bangunan ini juga dibangun sesuai dengan standar tier 3. Artinya, jika terjadi pemadaman pada satu jalur, data center akan tetap beroperasi dengan menggunakan jalur lainnya tanpa mengalami downtime.

“Tier 3 sebenarnya sama dengan standar tier 2, bedanya tier 3 lebih bisa di maintenance. Artinya, jika ada satu sistem mengalami gangguan maka sistem tersebut bisa sambil di-maintenance tanpa mengganggu pelayanan yang ada,” jelasCEO NeutraDC Singapura, Sendang Praptomo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *